Kenali 5+ Cara Menyimpan Laptop yang Benar dan Aman

Posted on

Perawatan laptop tidak hanya sekedar membersihkan atau memberikan service secara rutin. Cara menyimpan laptop yang benar, penting untuk kamu perhatikan.

Laptop yang diletakkan sembarangan rawan jatuh dan terinjak. Jika tidak sengaja terkena air, komponen yang ada di dalam laptop bisa terjadi kerusakan.

Kenali 5+ Cara Menyimpan Laptop yang Benar dan Aman
pexels.com

Cara Menyimpan Laptop

Sebenarnya, memperhatikan cara dan tempat penyimpanan laptop adalah hal yang sangat sederhana. Akan tetapi, tidak semua pemilik laptop menerapkan cara yang tepat. Sehingga, laptop menjadi tidak awet dan mudah rusak.

1. Simpan Laptop Pada Tempat yang Aman

Pastikan kamu menyimpan laptop di tempat yang aman. Misalnya saja, di dalam lemari, laci, hingga brankas. Selain mencegah kerusakan pada laptop, juga melindunginya dari pencurian atau tindakan merugikan lainnya.

2. Simpan Laptop Pada Tempat yang Bersih

Aman saja tidaklah cukup. Periksa kembali apakah tempat yang ingin kamu gunakan untuk menyimpan laptop benar-benar bersih.

Jangan simpan laptop pada tempat yang kotor, berdebu, rawan terkena air dan serangan binatang seperti semut, kecoa, tikus, dan sejenisnya.

3. Simpan Laptop dalam Posisi Terbuka

Cara menyimpan laptop selanjutnya, yakni dengan memastikan laptop dalam kondisi terbuka. Cara ini disarankan bagi kamu yang jarang menggunakan laptop, bahkan dalam jangka waktu lama.

Menyimpan laptop dalam kondisi terbuka, dapat mengurangi tekanan pada bagian keyboardnya. Dengan begitu, keyboard tidak akan mudah rusak, meskipun jarang dipakai.

Selain itu, dapat mengurangi tingkat kelembaban pada laptop. Cara ini dapat meminimalisir serangan jamur.

4. Gunakan Wadah yang Aman

Kelembaban tidak hanya menjadi faktor utama penyebab kerusakan pada laptop, melainkan ada faktor lainnya yang harus kamu perhatikan.

Salah satunya adalah tertimpa atau tertindih benda keras. Karena itulah, biasakan menyimpan laptop dengan menggunakan bantuan wadah atau tas khusus laptop.

Kamu juga bisa memanfaatkan lapisan Styrofoam untuk memaksimalkan perlindungannya. Laptop yang tertimpa atau tertindih benda keras, dapat mengakibatkan LCD atau layar pecah hingga kerusakan yang lebih parah.

5. Lepas Baterai Sebelum Disimpan

Jika laptop milikmu tidak menggunakan baterai tanam atau bisa dilepas pasang, ada baiknya melepas baterai sebelum menyimpannya. Apalagi, jika berniat untuk menyimpan laptop tersebut dalam waktu yang lama.

Tujuan dari cara ini, memutuskan aliran listrik yang terdapat pada laptop secara menyeluruh. Hubungan arus listrik yang pendek, dapat berisiko merusak laptop. Selain itu, usia baterai juga lebih lama meskipun jarang kamu gunakan.

6. Bersihkan Bagian Luar Laptop

Sebelum menyimpan laptop, bersihkan semua bagian luarnya terlebih dahulu. Mulai dari bodi, layar, keyboard, hingga charger. Saat laptop disimpan, sudah dalam kondisi bersih.

Itulah tadi beberapa cara menyimpan laptop yang bisa kamu lakukan supaya kondisi laptop tetap terjaga dengan baik. Cara ini bisa kamu gunakan pada laptop baru maupun laptop lama.