Tips Tingkatkan Kinerja Laptop Berbasis Windows 11 yang Tepat

Posted on

Tips tingkatkan kinerja laptop berbasis Windows 11 sebenarnya cukup sederhana. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawanya ke tukang service. Apalagi mengingat saat ini laptop menjadi salah satu perangkat yang cukup penting. Untuk meningkatkan pengalaman dalam penggunaan, microsoft melakukan pembaruan. Sehingga pengguna pun juga perlu meningkatkannya untuk mengoptimalkan performa laptop. Untuk itu, perlu Anda ketahui bagaimana cara meningkatkan kinerja laptop Windows 11.

Tips Tingkatkan Kinerja Laptop Berbasis Windows 11 yang Tepat
Pixabay

Tips Tingkatkan Kinerja Laptop Berbasis Windows 11

Untuk dapat meningkatkan kinerja laptop Windows 11 bisa menggunakan beberapa cara. Jika Anda salah satu yang ingin mencoba melakukan peningkatan performa Windows 11 coba ikuti tips yang akan kami berikan berikut ini.

Perbarui Sistem Operasi

Pastikan Windows 11 Anda tetap diperbarui dengan pembaruan terbaru. Pembaruan sistem operasi sering kali mengandung perbaikan dan peningkatan performa. Untuk itu, tips tingkatkan kinerja laptop berbasis windows 11 sebagai salah satu solusinya.

Optimalkan Startup

Batasi jumlah program yang dimulai secara otomatis saat laptop dinyalakan. Anda dapat mengelola program startup melalui “Task Manager” dengan mengklik kanan pada taskbar dan memilih “Task Manager”. Lalu pilih tab “Startup” untuk menonaktifkan program yang tidak perlu saat startup.

Atur Efek Visual

Reduksi efek visual dapat membantu meningkatkan kinerja laptop. Buka “Settings” dan pilih “System”, lalu pilih “Display” dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Visual Effects”. Pilih “Adjust for best performance” atau atur secara manual efek visual yang Anda inginkan.

Disk Cleanup

Gunakan fitur “Disk Cleanup” bawaan Windows untuk menghapus file sementara, cache, dan file sampah lainnya. Cara ini akan membantu membebaskan ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja.

Nonaktifkan Efek Transparansi

Pada Windows 11, ada efek transparansi yang memberikan tampilan transparan pada jendela. Nonaktifkan efek transparansi ini untuk mengurangi beban grafis pada sistem. Buka “Settings”, pilih “Personalization”, lalu pilih “Colors” dan matikan opsi “Transparency effects”.

Batasi Program yang Berjalan di Latar Belakang

Beberapa program dapat berjalan di latar belakang dan mengonsumsi sumber daya sistem. Anda dapat mengelola program yang berjalan di latar belakang melalui “Settings” > “Privacy” > “Background apps” dan menonaktifkan program yang tidak perlu berjalan di latar belakang.

Disk Defragmentation

Lakukan defragmentasi disk secara teratur untuk mengoptimalkan kecepatan akses data. Anda dapat menggunakan utilitas bawaan Windows yang disebut “Optimize Drives” untuk melakukan defragmentasi.

Tambahkan Memori RAM

Jika memungkinkan, menambahkan lebih banyak memori RAM pada laptop dapat meningkatkan kinerja secara signifikan. Terutama jika Anda sering menggunakan aplikasi yang membutuhkan banyak memori.

Selalu ingat untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan perubahan pada sistem. Selain itu, pastikan Anda memahami konsekuensi dari setiap perubahan yang Anda buat. Itulah pentingnya Anda mengetahui tips tingkatkan kinerja laptop berbasis windows 10 demi kenyamanan saat menggunakannya. Semoga tips laptop diatas bermanfaat!