Tips Merawat Laptop yang Jarang Dipakai agar Tetap Berfungsi

Posted on

Laptop saat ini menjadi salah satu media elektronik yang cukup populer. Karena fungsinya yang cukup penting Anda pun harus tahu bagaimana cara merawatnya yang tepat. Bahkan ketika laptop jarang dipakai sekalipun. Cari tahu bagaimana tips merawat laptop yang jarang dipakai agar tetap awet dan berfungsi secara optimal. Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa laptop yang mereka miliki jarang dipakai. Karena berbagai alasan itulah, kami akan berikan penjelasan mengenai tips perawatannya.

Tips Merawat Laptop yang Jarang Dipakai Agar Tetap Berfungsi
Pixabay

Tips Merawat Laptop yang Jarang Dipakai

Jika Anda memiliki laptop yang jarang dipakai, sebaiknya berikan perawatan yang sesuai. Cara ini bisa membantu mengatasi laptop rusak karena jarang Anda gunakan. Ada beberapa tips merawatnya agar tetap dalam kondisi baik saat digunakan maupun ketika tidak digunakan. Berikut adalah beberapa tips perawatan yang bisa Anda gunakan yaitu:

Simpan di Tempat yang Aman

Tips merawat laptop yang jarang dipakai perlu Anda lakukan terutama dalam segi penyimpanan. Ketika tidak digunakan, pastikan laptop disimpan di tempat yang aman, bersih, dan terlindung dari debu, kelembaban, dan suhu ekstrem. Gunakan tas atau sleeve yang cocok untuk melindunginya saat disimpan.

Jaga Kebersihan

Sebelum menyimpan laptop, pastikan untuk membersihkan permukaannya dengan lembut menggunakan kain lembut atau tisu microfiber. Jangan lupa juga membersihkan keyboard dan layar dengan hati-hati untuk menghindari tumpukan debu dan kotoran.

Jaga Baterai

Tidak hanya itu saja, jika laptop tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, pastikan baterainya memiliki tingkat cas yang mencukupi sekitar 50-60% sebelum disimpan. Cara ini membantu mencegah baterai kehilangan daya secara berlebihan selama penyimpanan.

Nyalakan Secara Berkala dan Perbarui Sistemnya

Meskipun jarang digunakan, sebaiknya menyalakan laptop secara berkala. Anda bisa nyalakan setidaknya sekali dalam sebulan. Setelah itu, biarkan berjalan selama beberapa waktu. Hal ini akan membantu menjaga kondisi komponen internal seperti hard drive dan mencegah kemungkinan kerusakan akibat kelembaban atau ketidakaktifan yang terlalu lama.

Pastikan juga sistem operasi dan perangkat lunak lainnya tetap diperbarui. Bahkan jika laptop tidak digunakan secara rutin sekalipun. Pembaruan sistem membantu menjaga keamanan dan kinerja laptop. Tidak hanya itu saja, pastikan untuk melakukan backup data secara teratur. Penting untuk melindungi data Anda jika terjadi kerusakan atau kehilangan laptop.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjaga laptop dalam kondisi yang baik dan siap digunakan ketika diperlukan, meskipun jarang dipakai. Padahal jika laptop jarang terpakai biasanya akan mengalami beberapa kendala saat dioperasikan. Muli dari performa lambat, mengalami lagging, bahkan bisa juga mati total.

Perawatan memang tidak hanya berlaku pada laptop yang sering digunakan saja. Gunakan tips merawat laptop yang jarang dipakai agar semua tetap aman saat dioperasikan kembali.