Perawatan Hardware Laptop untuk Menjaga Performa Lebih Baik!

Posted on

Istilah hardware atau perangkat keras pada laptop merupakan serangkaian layanan dukungan yang mana ditujukan untuk mengoptimalkan segala sesuatu yang bekerja pada perangkat, Dengan kata lain hardware itu salah satu bagian yang paling penting pada laptop. Untuk tetap menjaga perangkat agar tetap berfungsi dengan baik, perlu dilakukannya perawatan hardware laptop.

Perawatan Hardware Laptop
pixabay.com

Perawatan Hardware Laptop untuk Menjaga Performa Lebih Baik!

Tentu saja melakukan perawatan hardware pada laptop lebih baik daripada membiarkan dan harus melakukan perbaikan yang memakan biaya. Hardware itu apa sih? Hardware ini komponen laptop seperti Processor, harddisk, motherboard, dan lain sebagainya. Kejadian yang sering terjadi adalah konsleting pada power supply karena kabel stop kontak listrik dari power supply longgar.

Hal tersebut bisa menyebabkan gangguan pada motherboard. Maka. kita perlu melakukan perawatan untuk laptop agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk perawatan pada hardware ini? Mari simak ulasan berikut ini!

Menjaga Laptop tetap dalam Keadaan Bersih

Membersihkan laptop dengan rutin dapat membantu untuk bertahan lama. Tentunya akan membantu untuk menghemat uang yang bisa terpakai karena perbaikan atau penggantian. Laptop ini sangat rentan terkena debu dan juga panas yang berlebihan.

Pembersihan ini bisa dimulai dari keyboard, monitor, mouse jika memakai, dan sistem di dalam dan luar laptop bersih. Pastikan untuk mengecek update Windows yang tersedia.

Pembaruan Sistem Operasi

Seperti pada bagian akhir pada poin pertama. Anda harus menjaga sistem operasi tetap update dan terbaru. Hal ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan kinerja pada laptop. Anda bisa melakukan update pada malam hari saat tidak mengerjakan pekerjaan pada laptop.

Anda juga bisa melakukan perawatan hardware dengan mengupdate antivirus, memperhatikan update firmware, dan juga mengubah kata sandi secara berkala untuk menjaga keamanan isi data dari laptop.

Menghapus File atau Aplikasi Tidak Terpakai

Dengan menghapus atau membersihkan file yang sudah tidak terpakai pada laptop akan membantu performa laptop bekerja dengan baik. Program yang sudah tidak terpakai bisa menghabiskan banyak ruang. Dengan menghapus program atau file yang tidak terpakai tentunya untuk menghemat memori.

Mengurutkan program berdasarkan dengan ukurannya, akan menunjukkan program apa saja yang menggunakan memori paling banyak. Anda juga bisa membersihkan file di Recycle Bin secara rutin. Karena saat Anda menghapus file, file yang terhapus akan bertempat pada recycle bin. Di tempat ini Anda akan mendapatkan file yang sudah terhapus, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengembalikan file pilihan.

Rutin mengecek recycle bin bisa menjadi salah satu cara perawatan hardware pada laptop. Anda juga bisa membersihkan disk untuk mengosongkan ruang pada HDD/SSD. Jika merasa sayang untuk menghapus beberapa file, Anda bisa mengunggah file ke penyimpanan cloud yang bisa menyimpan file atau lainnya tanpa memakan RAM pada harddisk.

Itulah tadi beberapa cara perawatan hardware laptop sederhana yang bisa dilakukan dirumah. Tetap menjaga hardware untuk kinerja laptop yang optimal. Selain hardware, software pun harus dijaga.