Cara Merawat Software Laptop Agar Tetap Aman dan Berusia Lama

Posted on

Cara merawat software laptop bisa mengantisipasi ketika laptop tiba-tiba tidak dapat berjalan seperti biasanya. Dalam hal tersebut, terdapat berbagai macam kemungkinan yang menjadi penyebab adanya error pada laptop. Salah satunya dari segi software.

Umumnya, jika laptop sudah lemot, hal yang terpikirkan untuk melakukan instal ulang pada sistem operasinya. Akan tetapi, setelah dilakukan instal ulang, maka Anda perlu memulai dari awal lagi. Data memang bisa Anda back-up, namun software yang lainnya bisa hilang.

Nah, untuk menghindari hal itu, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk memelihara software laptop supaya lebih aman serta bisa bertahan lama.

Cara Merawat Software Laptop
plimbi.com

Cara Merawat Software Laptop Agar Aman

Lantas apa saja yang bisa Anda lakukan dalam merawat software laptop. Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Back Up

Hal ini merupakan langkah perawatan yang pertama Anda lakukan. Sebelum laptop Anda mengalami error atau tidak berjalan dengan semestinya. Anda terlebih dahulu bisa melakukan back up data dan juga sistem operasinya. Proses back up tersebut bisa Anda lakukan dengan manual ataupun dengan bantuan software.

Pada sistem operasi yang memiliki basis Windows, telah tersedia fitur backup and restore yang bisa Anda manfaatkan. Bahkan untuk cara kerjanya juga hampir sama seperti membuat check point atau melakukan penyimpanan data terakhir.

Selain melakukan back up sistem operasinya. Anda juga bisa melakukan back up dengan berkala pada data pribadi dengan cara save data penting di media penyimpanan yang lain selain hardisk. Misalnya saja flashdisk atau DVD/CD.

Defrag

Cara merawat software laptop bisa Anda lakukan defrag. Defrag merupakan sebuah aktivitas menata serta mengurutkan file-file yang ada di harddisk sesuai dengan jenis file atau data. Maka hal tersebut bisa membantu Anda dalam memudahkan proses read and write. Dengan begitu beban kerja laptop akan lebih ringan serta bisa memperpanjang umur harddisk.

Secara sederhana, defrag merupakan aktivitas merapikan data yang ada di media penyimpanan. Bisa juga defrag Anda lakukan dengan manual atau dengan bantuan software yang sudah tersedia dari sistem operasi, terutama di Windows OS.

Merapikan data dengan manual yaitu dengan cara menempatkan data ke bagian direktorinya masing-masing. Anda bisa membuat folder sesuai dengan jenis filenya. Hal tersebut bisa memudahkan serta mempercepat proses dari pencarian data ketika Anda akan membukanya.

Apabila Anda memakai sistem operasi dengan basis Windows, maka telah tersedia fitur defrag yang bisa Anda manfaatkan. Berbeda pada sistem Linux yang tidak memerlukan di defrag.

Membersihkan Sistem

Cara merawat software laptop selanjutnya dengan membersihkan sistem. Aktivitas pembersihan temporary file serta registry bisa memiliki peluang dalam merusak sistem apabila Anda tidak melakukan dengan benar. Maka sebaiknya, Anda memakai tools atau aplikasi pendukung.