Cara Upgrade RAM Laptop Agar Kencang Kembali, Ikuti Langkahnya

Posted on

Cara upgrade RAM laptop penting Anda ketahui agar laptop kesayangan Anda tetap dalam kondisi prima. Dengan upgrade RAM laptop, maka Anda akan mendapatkan dorongan performa yang membantumu melakukan kegiatan komputasi dengan baik.

Namun sebelum Anda meningkatkan RAM sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dukungan memori tidak universal, sebaiknya Anda periksa manual motherboard terlebih dahulu. Anda dapat menemukan nomor model motherboard yang tercetak pada laptop.

Cara Upgrade RAM Laptop
pinterest.com

Ketahui Cara Upgrade RAM Laptop untuk Perbaiki Performanya

Laptop keluaran terbaru umumnya telah memberikan opsi upgrade RAM laptop untuk menyuguhi performa mumpuni bagi penggunanya.

Beli RAM Baru

Pada dasarnya membeli RAM baru untuk upgrade RAM laptop lebih murah dan hemat daripada membeli laptop dengan ukuran RAM yang besar.

Namun penting untuk memilih ukuran RAM yang sesuai dengan kebutuhan komputasi harian. Seperti jenis, frekuensi serta kapasitas maksimum yang disokong prosesor pada laptop milik Anda.

Setelah itu, Anda bisa upgrade RAM laptop sehingga mendapatkan ukuran RAM yang lebih besar. Hal ini dapat Anda pertimbangkan jika Anda termasuk penggemar bermain game spek besar.

Selain itu Anda yang sering membuka banyak tab saat sedang melakukan browsing. Maka Anda pasti memerlukan laptop yang kinerjanya responsif dan cepat.

Membuka RAM Board

Ketika Anda sudah membeli RAM maka selanjutnya terapkan cara upgrade RAM laptop dengan membongkar atau membuka. Silahkan bongkar laptop dengan hati-hati dan temukan slot RAM pada motherboard.

Jika Anda belum berpengalaman maka Anda bisa meminta bantuan teman atau pergi ke counter profesional. Seperti Acer Service Center resmi terdekat.

Tahap Pasang RAM

Proses selanjutnya adalah memasang. Caranya mudahnya adalah pasang dengan posisi miring dan sedikit tekan board RAM. Namun Anda perlu pastikan sudah mengepaskan logam pin RAM baru yakni ke dalam slot RAM. Sehingga ia bisa terdeteksi. Pastikan juga tidak ada bagian yang mengganjal atau tidak cocok.

Mengunci RAM

Selanjutnya mengaitkan dan mengunci RAM. Anda tekan bagian RAM ke dalam kunci, lalu tunggu hingga terdengar bunyi klik. RAM sudah terpasang dengan baik dan terkunci.

Kemudian mengunci RAM kembali dan lanjutkan untuk merakit laptop dengan benar supaya tidak ada bagian-bagiannya yang lepas.

Menyelesaikan Masalah Setelah Pemasangan

Mungkin beberapa orang sering mengalami masalah setelah memasang RAM. Hal ini berupa blue screen of death (BSOD), laptop mati dan terus berbunyi beep.

Selain itu, sisi lain masalah adalah konfigurasi dual channel tidak berjalan. Apabila Anda menemukan masalah semacam ini, maka Anda perlu bongkar kembali rakitan laptop dengan hati-hati.

Hanya saja perlu Anda pastikan RAM memang sudah terpasang sempurna. Bersihkan karet PIN tersebut karena efek debu karena bisa membuatnya tidak terbaca.

Anda juga bisa memasang slot tidak secara berdekatan. Hal ini khusus bagi RAM 4 slot supaya konfigurasi dual channel-nya dapat bekerja secara optimal. Cara upgrade RAM laptop tersebut membantu Anda dalam penggantian sehingga lebih cepat.