Jangan Panik, Berikut Ini Tips Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air!

Posted on

Pernahkah Anda ketika hendak minum air lalu airnya tidak sengaja tumpah ke atas keyboard laptop? Ataukah benda cair lainnya yang tak sengaja tersenggol sampai akhirnya mengenai keyboard? Nah, kejadian tersebut biasanya akan menyebabkan keyboard laptop jadi tidak berfungsi atau salah satu tombolnya saat Anda tekan tidak memberi output di layar. Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi semacam itu? Jangan panik, berikut ini beberapa langkah mudah mengatasi keyboard laptop terkena air yang bisa Anda praktekkan.

mengatasi keyboard laptop terkena air
digitaltrends.com

Tips Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

Saat terkena air, keyboard laptop Anda pada mulanya yang tidak berfungsi hanya satu tombol saja, akan tetapi lama-kelaman tombol yang lain pun ikut tidak berfungsi. Wah, ternyata satu kerusakan tombol bisa punya efek juga untuk tombol yang lain, ya.

Untuk Anda yang mengalami kejadian semacam itu, jangan cemas. Anda juga tidak perlu bingung harus melakukan apa, sebab itu hanya permasalahan kecil serta mampu dilakukan pembenahan. Sehingga keyboard laptop Anda tidak akan mengalami kerusakan berarti.

Di bawah ini merupakan beberapa tips supaya keyboard tetap berfungsi meskipun sudah terkena air.

Putuskan Sambungan Listrik

Apabila posisi laptop Anda sudah terhubung dengan listrik atau tengah Anda lakukan penyambungan dengan charger, maka segeralah untuk melepaskan charger tersebut. Tujuannya yaitu untuk menghindari terjadinya korsleting. Korsleting merupakan hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil.

Dengan demikian bisa menyebabkan aliran listrik yang sangat besar. Nah, saat terjadi korsleting apabila tidak segera ada penanganan maka bisa menyebabkan ledakan serta kebakaran. Untuk itu dengan melepaskan charger dapat menghindari konsleting ini.

Matikan Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop terkena air selanjutnya yaitu sesudah melepaskan chargernya, segeralah untuk mematikan laptop. Dalam hal ini tujuannya yaitu untuk menghindari korsleting di dalam komponen keyboard.

Diamkan laptop tersebut sehingga air yang ada di dalamnya benar-benar kering. Untuk melakukan proses ini, biasanya butuh waktu kurang lebih 10 jam.

Posisikan Laptop Anda dalam Keadaan Terbalik

Apabila laptop sudah dalam keadaan mati, maka segeralah posisikan laptop tersebut dalam keadaan berbalik. Tujuannya yaitu supaya air dapat keluar melalui tiap-tiap celah keyboard. Jangan lupa untuk meletakkan laptop pada posisi yang benar-benar pas. Dengan begitu, tidak timbul kerusakan lain pada komponen laptop beserta tetap aman untuk Anda pergunakan.

Keringkan Memakai Kipas Angin

Tahap berikutnya mengatasi keyboard laptop terkena air yaitu proses pengeringan laptop. Apabila laptop sudah dalam posisi mati dan terbalik, maka pergunakan kipas angin berukuran kecil lalu nyalakan dengan waktu yang cukup lama.

Letakkan kipas angin tersebut tepat di bawah keyboard. Hal ini bertujuan supaya debu yang ada di dalam keyboard juga ikut turun. Sehingga, terjadi 2 pembersihan yaitu pembersihan debu sekaligus pengeringan (pembersihan air).

Jika Anda ingin mengganti kipas angin dengan hair dryer, pastikan Anda tidak memakai suhu yang terlampau panas dan hindari meletakkannya terlalu dekat dengan keyboard laptop. Sebab, apabila suhu yang dihasilkan terlalu panas serta posisinya cukup dengan dengan keyboard, justru akan menyebabkan kerusakan akibat panas tersebut.

Bongkar Keyboard Laptop

Untuk langkah mengatasi keyboard yang terkena air selanjutnya yaitu membongkar seluruh keyboard laptop. Hal tersebut merupakan cara yang paling maksimal, sehingga Anda dapat membersihkannya secara leluasa tanpa ada halangan tombol. Tetapi, perlu Anda ingat, membongkar keyboard laptop ini harus punya keahlian khusus.

Apabila Anda tidak mempunyai keahlian untuk melakukan bongkar pasang keyboard, hendaknya jangan sekali-kali melakukan cara ini. Sebab, jika Anda tak bisa mengembalikan keyboardnya, akan menyebabkan kerusakan pada keyboard tersebut.

Keyboard Laptop Mulai Berasap

Apabila keyboard laptop Anda mulai mengeluarkan asap, Anda perlu berhati-hati. Karena hal itu menandakan motherboard atau logic board sudah mengalami gejala konsleting. Sehingga berbahaya apabila Anda gunakan.

Oleh sebab itu, sebagai cara mengatasi keyboard laptop terkena air yang terakhir yaitu segeralah membawanya ke tukang servis untuk perbaikan lebih lanjut.