Hardisk Tidak Terdeteksi? Ini Cara Mudah untuk Mengatasinya!

Posted on

Hardisk tidak terdeteksi merupakan salah satu masalah yang sering dialami banyak pengguna laptop atau komputer. HDD yang tidak terbaca tentunya membuat banyak orang merasa panik, apalagi jika di dalamnya ada banyak data penting.

Penyebabnya tentu ada banyak, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa digunakan agar HDD bisa kembali muncul. Sehingga Anda tidak benar-benar kehilangan data penting di dalamnya.

Sebenarnya ada banyak penyebabnya, mula dari perangkat Windows yang mengalami kerusakan, dari system file MFY, atau BDR yang mengalami kerusakan. Selain itu ada juga masalah fisik dan koneksi dari perangkat hardisk yang rusak. Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membahas cara agar hardisk bisa dideteksi kembali.

Hardisk Tidak Terdeteksi? Ini Cara Mudah Untuk Mengatasinya!
Hardisk Tidak Terdeteksi. Foto : flckr.com

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terdeteksi

Sebenarnya untuk memperbaiki HDD yang rusak itu tidak mudah, hal ini juga tergolong seberapa besar kerusakanya. Untuk mengetahui apakah yang terjadi kerusakan ada di hardisk atau laptop, maka coba colokan hardisk tersebut ke komputer lain dan colokan hardisk lainnya ke laptop yang Anda gunakan.

Jika laptop bisa menerima data dari hardisk lain, maka kerusakan ada di HDD-nya. Jika sebaliknya maka kerusakan ada di laptop yang Anda gunakan. Selain itu, Anda bisa menghubungkan USB ke port bagian belakang karena memiliki daya yang lebih stabil dibandingkan port depan.

Jika cara tersebut dirasa tidak bisa, berarti masalah yang terjadi lebih parah dari perkiraan. Untuk mengatasinya, kami sudah mencadangkan beberapa cara mengatasi berdasarkan masalah yang diterima. Jadi Anda bisa menggunakan cara mana yang sesuai dengan masalah yang terjadi pada laptop.

Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terdeteksi dari Disk Error

Coba perbaiki HDD pada driver atau menjalankan CHKDSK di bagian CDM. Untuk memperbaikinya lakukan pemakaian DISK agar kesalahan bisa diperbaiki. Cara ini bisa dimanfaatkan jika penyebab HDD tidak terbaca karena DBR ditandai dengan “The Disk Structure Is Corrupted And Unreadable”. Anda bisa mengikuti langkah ini.

  • Klik menu Windows dan tekan ikon Windows pada keyboard
  • Ketik “CDM”
  • Kemudian pilih “Run As Administrator”
  • Pilih “Yes”
  • Jika Candela SMD sudah terbuka ketikan ‘chkdsk E:/f, misal yang bermasalah Drive E, maka Anda bisa menyesuaikan dengan drive yang bermasalah pada laptop. Jangan lupa untuk menambahkan “/f”
  •  Biarkan proses berjalan hingga akhir

Memperbaiki Harddisk dengan Format Hardisk

Jika cara pertama gagal Anda juga bisa menggunakan cara ini. Memperbaiki HDD dengan memulihkan data penting pada PC, atau Windows. Untuk melakukanya Anda bisa menggunakan aplikasi Recovery File yang tersedia gratis dan berbayar.

Jika data Anda sudah di backup dan di pindahkan ke hardisk lain, maka bisa mulai memperbaiki HDD yang tidak terbaca tersebut.

  • Membuka File Explorer
  • Klik bagian kanan bagian partisi yang tidak bisa dibaca
  • Pilih format
  • Menentukan jenis format aplikasi NTES atau DAT32
  • Jika perlu isi Table Volume
  • Setelah itu pilih Start
  • Anda bisa tunggu hingga roses format selesai

Biasanya ketika sudah melakukan format ulang hardisk bisa digunakan kembali. Namun bila masih tidak bisa terdeteksi maka Anda bisa menggunakan cara memperbaiki hardisk tidak terdeteksi lainnya.

Kedua cara memperbaiki hardisk tidak terdeteksi tersebut bisa Anda gunakan untuk memulihkan data penting yang hilang. Namun jika masih tidak bisa, maka bawa ke tempat perbaikan, mereka pasti lebih tahu cara untuk memperbaiki masalah ini.