Cara Merawat Laptop Lenovo Mudah, Awet, Tahan Lama

Posted on

Lenovo PC adalah salah satu perusahaan yang didirikan di China. Perusahaan ini telah memproduksi banyak barang termasuk salah satunya adalah laptop Lenovo. Bagi Anda yang memiliki laptop Lenovo pasti ingin tahu bagaimana cara merawat laptop Lenovo dengan benar.

Memang seharusnya, Anda membaca buku panduan yang tersedia. Namun terkadang kita malas membacanya karena berbagai faktor.

cara merawat laptop lenovo
unsplash.com

Cara Merawat Laptop Lenovo agar Awet

Anda menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-hari biasanya hingga waktu yang lama. Rata-rata orang menggunakan laptop hampir seharian. Perawatan yang baik untuk laptop Lenovo Anda, tentu akan memperpanjang umur laptop.

Laptop yang rusak dapat menghambat pekerjaan Anda. Selain itu, data yang ada pada laptop juga bisa hilang bila laptop bermasalah. Tentu Anda tak mau hal tersebut terjadi. Nah, berikut tips merawat laptop Lenovo yang benar agar laptop Anda tetap awet:

1. Menjaga Kebersihan Laptop

Cara merawat laptop Lenovo yang paling simpel adalah dengan membersihkannya secara hati-hati. Bersihkan sisi luar, LCD, keyboard, dan port menggunakan alat pembersih yang lembut. Tak perlu menggunakan bahan kimia, karena bahan kimia justru dapat merusak laptop Anda.

2. Letakkan Laptop pada Tempat yang Sesuai

Ketika laptop Lenovo sedang Anda gunakan, letakkanlah pada tempat yang datar. Hindari meletakkan laptop pada bagian tubuh karena akan membatasi aliran dari udara serta mengakibatkan panas yang berlebih.

Anda juga sebaiknya melindungi laptop Lenovo Anda dengan menghindari cairan. Cairan akan meningkatkan risiko kerusakan sistem dan sengatan listrik. Selain itu, hindari meletakkan laptop pada suhu yang panas atau dingin ekstrim.

3. Simpan dengan Hati-Hati

Menyimpan dengan hati-hati adalah salah satu cara merawat laptop Lenovo Anda. Simpan laptop pada tempat khusus yang datar, gunakan tas laptop untuk menyimpan. Sebelum Anda menyimpan, pastikan terlebih dahulu Anda melepaskan seluruh media dan mematikan perangkat yang terhubung.

Lepas pula kabel dan daya apabila sedang Anda charge. Kemudian pastikan pula laptop Lenovo Anda dalam keadaan mati ketika hendak Anda simpan. Jangan menaruh barang apapun antara keyboard dan layar laptop Anda.

Anda juga harus lebih berhati-hati dengan benda-benda yang berpotensi menggores laptop. Hindari pula meletakkan barang di atas laptop. Selain itu gunakan sistem atau aplikasi secara bergantian, hindari menumpuk sistem.

4. Pindahkan Laptop dengan Cara yang Benar

Ketika hendak memindahkan, sebaiknya Anda memastikan laptop Lenovo Anda dalam keadaan mati, sleep, atau mode stand by. Hal tersebut mencegah kehilangan data pada laptop. Dalam memindahkan juga sebaiknya jangan menyeret tetapi mengangkat dengan kedua tangan.

Angkat pada bagian sistem, hindari mengangkat pada bagian layar karena akan menimbulkan kerusakan. Sebelum mengangkat pastikan pula Anda melepas semua media yang terhubung dan daya yang terhubung.

5. Hindari Penggunaan Laptop Terlalu Lama

Ketika menggunakan laptop, sebaiknya gunakan seperlunya. Hindari penggunaan dalam waktu yang lama dan terus menerus. Hal tersebut mengakibatkan laptop Lenovo menjadi panas secara berlebihan.

Sebaiknya Anda menggunakan laptop juga sesuai spesifikasi. Apabila laptop Lenovo Anda tidak diperuntukkan untuk melakukan hal berat seperti desain dan game. Oleh karena itu, hindari menggunakan untuk aplikasi desain dan game yang berat.

6. Jangan Terlalu Sering Membiarkan Laptop dalam Kondisi Sleep

Ketika tidak Anda gunakan, sebaiknya langsung saja Anda matikan. Hindari menyimpan laptop dalam keadaan sleep karena pada kondisi tersebut harddisk masih bekerja. Setelah Anda gunakan sebaiknya jangan terburu-buru untuk menutup laptop karena akan membuat permukaan layar menjadi rusak.

Demikian ulasan mengenai cara merawat laptop Lenovo. Merawat laptop Lenovo Anda cukup mudah, bukan?