Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Mudah Untuk Anda Coba

Posted on

Cara memperbaiki baterai laptop cepat habis dapat dicoba. Saat ini mobilitas kerja yang cukup tinggi. Hal tersebut menjadikan beberapa profesi mengharuskan untuk membawa laptop kemana-mana.

Apabila kondisi laptop masih baru, biasanya memiliki daya tahan baterai yang baik. Tentunya laptop tersebut dapat diandalkan dan lebih bertahan lama. Namun, apabila memiliki laptop sudah lama, pastinya merasakan performa baterainya yang semakin menurun.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis, Mudah Untuk Anda Coba
Ilustrasi cara memperbaiki baterai laptop cepat habis. Foto: Ist/Net

Inilah Beberapa Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis

Saat baterai laptop cepat habis, Anda dapat mencoba untuk memperbaikinya. Cara memperbaikinya dengan kalibrasi baterai laptop. Berikut ini beberapa hal yang dilakukan untuk memperbaiki baterai laptop cepat habis.

Isi Penuh Baterai Laptop

Cara mengatasi baterai laptop cepat habis tersebut dengan melakukan charger baterai laptop hingga terisi penuh. Meski pengisian baru sebentar sudah penuh. Sebaiknya perlu memastikan bahwa baterai laptop akan benar-benar penuh, dengan menunggu selama 2 jam.

Mengatur Daya

Selanjutnya Anda perlu mengatur opsi daya di laptop. Caranya dengan menekan tanda baterai dan mengaktifkannya ke modus balance. Kemudian atur Turn off the display di baterai Never, sedangkan Put the computer to sleep menjadi Never. Anda juga akan menemukan pengaturan power melalui control panel.

Menyiapkan Hibernate & Low Battery Option

Anda perlu melakukan konfigurasi pilihan Hibernate melalui Power Options. Setelah itu, pilih Change Plan Settings dan Advance Settings. Kemudian pilih Battery, lalu pilih Set it to hibernate. Anda perlu atur Low battery menjadi level 5%.

Biarkan Hingga Baterai Laptop Habis

Cara memperbaiki baterai laptop selanjutnya membiarkan tetap menyala hingga terpakai habis. Setelah itu, laptop tersebut akan mati dengan sendirinya. Kemudian dapat mencolokkan charger dan nyalakan laptop.

Isi baterai laptop tersebut hingga 100% penuh. Selama proses kalibrasi, pastikan tidak menggunakan laptop tersebut sama sekali. Apabila proses baterai telah selesai, maka dapat mengembalikan Power Plan ke pilihan awalnya.

Proses kalibrasi ini membutuhkan siklus menghabiskan baterai dari penuh hingga habis. Kemudian mengisinya kembali hingga penuh, sehingga memerlukan waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. Setelah prosesnya selesai, tampak indikator baterai laptop Anda. Nantinya akan menunjukkan kapasitas power baterainya yang lebih akurat.

Install Smarter Battery

Cara memperbaiki baterai laptop ini, bukan disebabkan faktor umur agar kembali bagus lagi. Namun baterai laptop cepat habis akibat adanya masalah perangkat lunak. Setelah melakukan kalibrasi, maka dapat menginstall software Smarter Battery.

Smarter Battery juga dapat Anda gunakan untuk membantu memperpanjang masa baterai dan menghemat baterainya. Smarter Battery ini memberikan gambaran yang sangat lengkap mengenai kehidupan baterai laptop Anda. Utilitas ini akan terus berjalan sepanjang waktu di laptop agar data ini akurat.

Kini Anda dapat memahami cara memperbaiki baterai laptop cepat habis akibat perangkat lunak. Efek dari kalibrasi ini sebenarnya berbeda di setiap laptop. Namun biasanya dapat meningkatkan kemampuan baterai hingga 30-40%.