Penyebab Keyboard Laptop Mudah Rusak, Simak Ini !

Posted on

Pentingnya mengetahui penyebab keyboard laptop mudah rusak. Laptop saat ini memang memiliki peran penting bagi manusia. Bagi seorang guru, pegawai kantor, serta pelajar, seringkali menggunakan laptop. Laptop menjadi barang elektronik yang harus dimiliki.

Untuk dapat mempermudah segala aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan. Keyboard termasuk salah satu komponen yang terdapat pada laptop. Fungsinya sebagai media input atau masukkan untuk diproses ke dalam processor.

Sehingga dapat menghasilkan suatu keluaran atau output. Namun, dengan penggunaannya cukup sering, keyboard tersebut menjadi rentan error atau rusak. Bahkan keyboard tersebut tiba-tiba tidak berfungsi saat membutuhkannya.

Penyebab Keyboard Laptop Mudah Rusak, Simak Ini !
Ilustrasi penyebab keyboard laptop mudah rusak. Foto: Ist/Net

Inilah Beberapa Penyebab Keyboard Laptop Mudah Rusak

Seringnya penggunaan laptop tentu dapat menyebabkan keyboard rentan bermasalah. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan keyboard rusak.

Menekan Keyboard Sembarangan

Untuk dapat menggunakan keyboard memang caranya ditekan. Namun seringkali menggunakan keyboard dengan sembarangan. Kecepatan dan kekuatan saat menekannya, memiliki pengaruhnya pada fungsi kinerja dari keyboard tersebut.

Sama halnya dengan software atau perangkat lunak, keyboard juga dapat mengalami macet.  Terlebih apabila menekan terlalu cepat dan juga menekannya terlalu lama secara sembarangan.

Faktor Luar (Eksternal)

Faktor yang paling umum sering terjadi dan menyebabkan keyboard macet yaitu faktor eksternal. Pada faktor ini biasanya terjadi akibat dari kesalahan penggunanya. Seperti halnya  menumpahkan cairan pada keyboard.

Selain itu, tidak sengaja kemasukan sisa camilan, tertindih, dan yang lainnya. Sebaiknya perlu lebih berhati-hati saat menggunakan laptop. Beberapa keyboard cukup sensitif terhadap faktor luar yang akan mengakibatkan terjadinya kerusakan.

Macet Karena Virus

Penyebab keyboard laptop mudah rusak lainnya yaitu virus. Tentunya virus dapat menyerang apa saja yang terdapat pada sistem dan komponen pada laptop. Bahkan juga tidak terkecuali pada bagian keyboard. Virus tersebut nantinya akan menyebabkan keyboard menjadi bertingkah aneh. Salah satunya pada beberapa tuts atau tombolnya akan menekan dengan sendirinya.

Menekan Tombol Kombinasi Sembarangan

Tombol kombinasi menjadi sebuah tombol gabungan pada keyboard. Fungsinya untuk dapat mempersingkat waktu eksekusi suatu perintahnya. Namun apabila penggunaan tombol kombinasi yang salah disaat tertentu. Hal itu juga akan menyebabkan antrian eksekusi dari tugas (task) menjadi terganggu. Sehingga laptop tersebut secara tiba-tiba akan macet.

Terdapat Debu pada Keyboard

Laptop juga mudah terkena debu, apabila sering menggunakannya langsung di luar ruangan. Masuknya debu tersebut melalui rongga tombol keyboard. Hal tersebut juga akan menghalangi tombol saat melakukan proses input.

Sehingga debu akan mengganjal dan keyboard tidak dapat memunculkan karakternya saat menekan salah satu tombol. Apabila mengalami masalah tersebut, perlu segera membersihkannya.

Banyak hal yang menjadi penyebab keyboard laptop mudah rusak. Pastikan untuk dapat menghindarinya agar keyboard laptop dapat terjaga dengan baik.