Penyebab Laptop Tidak Menyala dan Cara Merawatnya Agar Tetap Prima

Posted on

Bagaimana jika laptop Anda tiba-tiba tidak menyala? Sudah pasti hal tersebut cukup memusingkan bukan?

Laptop mati dan tidak bisa digunakan, membuat pekerjaan Anda pun menjadi terganggu. Namun, tahukah Anda jika kerusakan pada laptop tersebut terjadi karena berbagai faktor?

laptop tidak menyala
Ilustrasi Laptop Tidak Menyala, Foto: techlazza.com

5 Penyebab Laptop Tidak Menyala dan Cara Merawatnya Agar Tetap dalam Kondisi Baik

Bukan tidak mungkin laptop rusak, apalagi jika Anda menggunakannya setiap hari. Berikut ini adalah 5 hal yang membuat laptop tidak berfungsi, dan Anda wajib mewaspadainya.

Mau tahu apa sajakah itu? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Terjadi Masalah pada Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen laptop yang sangat penting. Jika terjadi kerusakan sudah pasti akan mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri.

Daya baterai yang habis hingga 0%, dapat membuat laptop mati bahkan tidak bisa dihidupkan. Tentu saja, cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengisian daya baterai. Jika saat baterai sudah di charge, tapi masih belum nyala, lepas baterai kemudian nyalakan dengan mencharge laptop sambil dinyalakan.

2. Terjadi Kerusakan Pada Adaptor

Laptop tidak menyala juga disebabkan karena adaptor yang rusak. Kerusakan pada adaptornya ini bisa Anda lihat saat laptop sudah di charge tetapi masih belum bisa menyala.

Selain itu, tanda jika adaptor rusak, lampu indikator laptop tidak berfungsi. Jika sudah demikian, mau tidak mau Anda harus segera membawanya ke jasa service.

3. Terdapat Masalah Pada Komponen Power

Anda juga perlu melakukan pemeriksaan pada socket DC. Jangan-jangan terdapat kerusakan yang mengakibatkan laptop tidak berfungsi.

Socket yang rusak menghambat aliran listrik ke komponen laptop, sehingga laptop tidak dapat menyala. Selain itu, jangan lewatkan pula untuk memeriksa tombol on/off power.

4. Prosesor Laptop Mengalami Kerusakan

Prosesor merupakan komponen inti dari sebuah laptop. Jika otak mekaniknya ini rusak, maka laptop tidak akan berfungsi secara normal bahkan mati total.

Kerusakan pada prosesornya ini disebabkan karena overheating, maupun terkontaminasi benda-benda asing, seperti semut, air, debu, dan yang lainnya. Jika prosesor laptop sudah terlanjur rusak, Anda bisa menggunakan bantuan tukang service profesional untuk memperbaikinya.

5. Terdapat Masalah pada RAM dan Mainboard

RAM dan mainboard adalah dua komponen yang penting dan jika terjadi kerusakan sangat mempengaruhi kinerja laptop. Jika RAM bermasalah, lepaskan dan bersihkan pinnya dengan menggunakan penghapus pensil kemudian pasang kembali.

Sementara untuk kerusakan mainboard bisa disebabkan karena korsleting. Anda bisa melepaskannya lalu bersihkan dan pasang kembali.

Cara Merawat Laptop Agar Tetap dalam Kondisi Baik

Pastinya sangat repot jika laptop tidak menyala. Apalagi biaya perbaikannya cukup mahal.

Agar hal tersebut tidak terjadi, selain mewaspadai penyebab-penyebabnya, Anda juga harus memberikan perawatan laptop yang baik. Seperti apakah itu? Berikut ini beberapa diantaranya.

  1. Gunakanlah stabilizer listrik agar arus listrik tetap stabil
  2. Gunakan tas yang tepat agar laptop aman dan terlindungi
  3. Hindari makan dan minum di dekat laptop agar makanan dan minuman tersebut tidak mengenai atau masuk ke komponen laptop
  4. Jangan terlalu lama menggunakan laptop agar tidak overheat
  5. Jangan terlalu memaksa laptop menjalankan aplikasi maupun game berat agar prosesor tidak bekerja terlalu berat
  6. Hindari menggunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0% karena membuat daya tahan baterai menurun
  7. Menyalakan dan mematikan laptop sesuai ketentuan

Demikianlah faktor yang mungkin saja menjadi penyebab laptop Anda tidak menyala. Perhatikan penyebab tersebut agar Anda tahu cara mengatasinya. Pastikan pula Anda merawat laptop dengan baik, agar tidak terjadi kerusakan.