Hindari Kebiasaan Ini! 5+ Penyebab Laptop Rusak

Posted on

Sadar atau tidak, seringkali kebiasaan sepele dalam menggunakan laptop menjadi salah satu penyebab laptop rusak. Untuk itulah, sebagai pengguna ada baiknya selalu memperhatikan setiap aktivitasnya.

Dengan begitu Anda tidak akan melakukan kebiasaan buruk yang membuat laptop rusak. Sudah barang tentu, penggunaan laptop yang tepat membuatnya awet dan kinerjanya tetap terjaga dengan baik.

penyebab laptop rusak
Ilustrasi Penyebab Laptop Rusak, Foto: hp.com

6 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Laptop Rusak

Berikut inilah beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari agar laptop tidak cepat rusak. Apa sajakah itu? Mari simak pemaparan selengkapnya.

1. Penggunaan Mode Sleep Terlalu Lama

Laptop memiliki satu fitur yang berfungsi untuk memberikan jeda saat melakukan suatu pekerjaan sedangkan laptop tidak digunakan sementara waktu dalam keadaan menyala. Mode tersebut yaitu mode sleep. Fitur ini sangatlah membantu, karena dokumen tidak akan hilang dan Anda dapat melanjutkan mengerjakannya kembali.

Namun, kebiasaan menggunakan mode sleep terlalu lama tidak disarankan, karena dapat menjadi penyebab laptop rusak. Mode sleep yang terlalu lama dapat mempengaruhi daya tahan baterai.

Selain itu juga akan berpengaruh buruk pada motherboard-nya. Untuk menghindari kebiasaan ini, maka pastikan pekerjaan Anda selesai dan langsung mematikan laptop.

2. Meletakkan Minuman/Benda Cair di Dekat Laptop

Sebenarnya bukan masalah minuman atau benda cair tersebut diletakkan di dekat laptop. Masalahnya adalah jika minuman atau benda cair tumpah dan mengenai laptop.

Laptop akan cepat rusak jika terkena tumpahan benda cair. Pasalnya, benda cair tersebut dapat membuat komponen di dalam laptop terganggu, akhirnya kinerja laptop menurun.

Ada baiknya untuk menghilangkan kebiasaan meletakkan minuman atau benda cair lainnya di dekat laptop. Karena ada kemungkinan Anda tidak sengaja menyenggolnya.

3. Meletakkan Benda di Atas Laptop

Kebiasaan buruk yang menjadi penyebab laptop rusak yakni meletakkan benda di atas laptop. Kerusakan yang sering terjadi karena kebiasaan ini adalah pada layar atau LCD-nya.

Salah satu tanda kerusakannya adalah muncul garis-garis vertikal atau horizontal. Jika sudah demikian, fungsi laptop pastinya menjadi terganggu.

4. Meletakkan Laptop di Permukaan yang Empuk

Hindari meletakkan laptop pada permukaan yang empuk, karena ini dapat menjadi penyebab laptop rusak. Seringkali sejumlah pengguna meletakkan laptop pada permukaan yang empuk seperti kasur, bantal, sofa bahkan dipangku.

Kebiasaan ini dapat membuat sirkulasi udara pada laptop terhambat, akhirnya laptop cepat panas. Jika tetap dibiarkan dalam waktu yang lama akan membuat laptop overheating.

5. Menggunakan Laptop Sambil Makan

Tak jarang beberapa pengguna menggunakan laptop sambil makan atau ngemil. Apalagi jika nonton film atau drakor di laptop.

Kebiasaan ini mungkin terlihat sepele, akan tetapi jika remahan dari makanan yang Anda makan jatuh ke keyboard, bukan tidak mungkin membuat laptop rusak. Pasalnya, remahan tersebut bisa jadi masuk diantara sela-sela keyboard, akibatnya tombol keyboard macet ketika ditekan.

Pastinya cukup merepotkan jika harus membersihkannya. Maka dari itulah, lebih baik Anda menghindari kebiasaan ini saja!

6. Melakukan Pengisian Daya Ketika Baterai Laptop Kosong

Jangan melakukan pengisian daya saat baterai dalam keadaan 0%. Hal ini akan berakibat buruk pada kualitas baterai laptop Anda.

Usahakan untuk mengisi daya saat baterai laptop sudah di bawah angka 30%. Selain itu, jika baterai laptop masih di atas 30% jangan langsung melakukan pengisian.

Itulah tadi, 6 kebiasaan buruk yang menjadi penyebab laptop rusak. Bijaksanalah dalam menggunakan serta merawat laptop, agar laptop tahan lama dan awet. Anda pun tidak perlu keluar uang hanya untuk memperbaiki laptop bahkan membeli yang baru.