7 Cara Merawat Laptop Asus Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Posted on

Cara merawat laptop Asus tentunya penting untuk diketahui oleh setiap penggunanya. Asus, merupakan salah satu brand laptop yang sangat populer dan sering digunakan.

Dibandingkan brand laptop lainnya, Asus menawarkan sejumlah kelebihan. Laptop Asus menjadi laptop yang sudah terpercaya dan berkualitas.

Selain itu, juga memiliki motherboard yang tangguh. Untuk menjalankan aktivitas berat seperti bermain game, laptop Asus terbilang cukup responsif. Harga laptop Asus relatif terjangkau dan memiliki garansi lama.

cara merawat laptop asus
Ilustrasi Cara Merawat Laptop Asus, Foto: asus.com

7 Cara Merawat Laptop Asus

Memiliki kelebihan bukan berarti laptop Asus tidak akan mengalami masalah atau kerusakan. Jika perawatan dan cara penggunaannya tidak tepat akan berdampak buruk pada kondisi laptop Asus itu sendiri. Agar laptop Asus Anda awet, tahan lama dan tidak mudah rusak berikut ini adalah perawatan yang bisa dilakukan.

1. Gunakan Charger Secara Bijak

Saat Anda melakukan pengisian daya baterai, jika sudah penuh segeralah untuk mencabutnya. Hal ini mencegah kerusakan pada baterai, dan baterai awet tahan lama.

Jika charger rusak, pastikan Anda membeli yang asli atau original. Menggunakan charger yang asli dapat meminimalisir risiko baterai laptop rusak.

2. Mematikan Laptop Sesuai dengan SOP

Mematikan laptop setelah digunakan sesuai dengan SOP adalah keharusan. Hal ini dapat menjaga komponen laptop tetap aman, seperti baterai, harddisk dan komponen laptop lainnya.

3. Hindari Menyalakan dan Mematikan Laptop Terlalu Sering

Cara merawat laptop Asus berikutnya yakni dengan tidak terlalu sering menghidupkan dan mematikan laptop. Terlalu sering menghidupkan dan mematikan laptop ini, misalnya baru 15 menit laptop mati kemudian dihidupkan kembali, dan tak selang lama laptop dimatikan.

Penggunaan yang baik, setidaknya dalam sehari laptop dihidupkan 3 kali saja. Atau, sebaiknya digunakan selama beberapa jam dan setelah selesai laptop langsung dimatikan.

4. Install Aplikasi yang Penting Saja

Cara merawat laptop lainnya yakni dengan menggunakan aplikasi yang penting dan sekiranya sangat dibutuhkan saja. Uninstall aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Terlalu banyak menggunakan aplikasi dapat memenuhi hard disk. Selain itu membuat laptop bekerja terlalu keras, apalagi jika aplikasi dijalankan secara bersamaan.

Jika laptop bekerja terlalu berat, laptop akan cepat panas, alhasil laptop lemot dan kinerjanya menjadi lambat. Ada baiknya menggunakan laptop dengan sebijak mungkin.

5. Simpan Laptop di Tempat yang Aman

Menyimpannya di tempat yang aman merupakan cara merawat laptop Asus yang tidak boleh dilewatkan. Simpan laptop di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Karena ini akan berakibat buruk pada kondisi laptop seperti overheating. Jangan simpan di tempat yang lembab, jika laptop terkena air dapat menyebabkan konsleting.

Selain itu, ada baiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Pasalnya, anak-anak bisa saja tidak sengaja menjatuhkan laptop atau yang lainnya.

6. Gunakan Antivirus untuk Melindungi Laptop

Virus merupakan salah satu ancaman, seperti malware, spyware, atau ransomware. Virus-virus ini dapat menyerang laptop dan membuat beberapa komponen mengalami kerusakan.

Saat ini sudah tersedia banyak software antivirus yang bisa Anda gunakan. Silahkan saja gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Rutin Melakukan Update Sistem Operasi

Dengan rutin meng-update sistem operasi menjadi salah satu cara untuk maintenance laptop. Selain itu, juga dapat memperbaiki bug, sehingga kinerja laptop tetap maksimal.

Itulah tadi 7 cara merawat laptop Asus yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Perawatan laptop yang tepat sangatlah dibutuhkan. Selain menjaganya agar tetap dalam kondisi baik, juga menghemat pengeluaran Anda karena tidak perlu beli laptop baru bukan?