6 Cara Merawat Charger Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Posted on

Charger memiliki peran yang sangat penting, yakni sebagai pengisi daya ulang baterai. Jika charger laptop rusak, pastinya sangat merepotkan bukan?

Tak jarang sejumlah pengguna membawa charger yang rusak tersebut ke tukang service bahkan membeli yang baru. Padahal, kerusakan charger ini bisa disebabkan karena perawatan dan cara penggunaannya yang kurang tepat.

charger laptop rusak
Ilustrasi Charger Laptop Rusak, Foto: sea.pcmag.com

6 Cara Merawat Charger Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Agar kerusakan charger tidak terjadi, Anda bisa melakukan pencegahan dengan memberikan perawatan charger yang baik. Bagaimanakah caranya? Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Gulung Kabel Charger dengan Cara yang Tepat

Penting untuk selalu diingat, menggulung kabel charger dengan cara yang salah mengakibatkan charger cepat rusak. Ketika kabel charger digulung akan terjadi perubahan bentuk yang tidak terlihat.

Biasakan untuk menggulung charger sesuai dengan bawaan pabriknya. Selain itu, jangan terlalu sering menggulung kabel adaptor.

2. Jangan Asal-Asalan Mencabut Colokan Charger

Charger laptop rusak dapat disebabkan karena mencabut colokan charger asal-asalan. Hal ini bisa terjadi karena Anda terlalu terburu-buru.

Padahal, kebiasaan ini tidak baik dan dapat membuat colokan charger menjadi rusak. Tanpa Anda sadari ketika colokan charger dicabut dengan paksa terdapat serat tembaga yang ikut terputus.

Untuk itulah, perlu kehati-hatian ketika mencabut colokan charger. Caranya dengan memegang kepala charger ketika ingin dilepas dari stop kontak. Dengan begitu, serat kabel tidak akan terputus.

3. Hindari Menggunakan Adaptor Charger dari Laptop Lain

Jangan menggunakan charger laptop yang bukan pasangannya atau charger dari laptop lain. Hal ini mungkin saja terlihat sepele, karena beberapa pengguna sering melakukannya.

Berbeda dengan adaptor smartphone, adaptor charger memiliki port yang berbeda-beda. Jadi setiap brand laptop memiliki charger laptop dengan model yang berbeda.

Jika dipaksakan menggunakan charger bukan aslinya, bisa mengakibatkan konektor patah. Sudah dapat dipastikan adaptor tidak akan berfungsi dengan baik. Hal yang paling buruk, tidak hanya adaptor chargernya saja yang rusak, tapi juga laptop Anda.

4. Segera Cabut Charger Setelah Selesai Digunakan

Agar charger laptop tidak rusak, segeralah cabut charger jika sudah selesai menggunakannya. Jangan biarkan charger terhubung terlalu lama dengan power socket.

Hal ini dapat mengakibatkan adaptor cepat panas, dan akhirnya mengalami kerusakan. Maka dari itulah, jangan sampai Anda lupa untuk mencabut charger dari power socket setelah selesai menggunakannya.

5. Hindari Menggunakan Charger Palsu atau Tidak Resmi

Hati-hati dengan charger laptop kw atau palsu. Menggunakan charger laptop palsu membuat adaptor cepat rusak.

Pasalnya, charger palsu cenderung memiliki kualitas yang lebih rendah bila dibandingkan dengan produk aslinya. Ada baiknya Anda membeli dan menggunakan charger laptop yang asli.

Anda dapat menemukannya melalui toko resminya. Dengan menggunakan charger yang asli juga dapat membuat perangkat pengisian daya tahan lama.

6. Simpan Charger di Tempat yang Kering dengan Suhu Ruangan

Selain penggunaannya, cara menyimpan charger di tempat yang tepat juga perlu diperhatikan. Pasalnya, charger laptop rusak juga bisa karena suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu, jangan simpan charger di tempat yang lembab, pilih tempat yang aman dan kering.

Itulah tadi, 6 cara merawat charger laptop yang bisa Anda terapkan. Dengan perawatan yang baik, tentunya charger awet dan tidak mudah rusak.

Selain itu, metode perawatan tersebut juga dapat mencegah charger laptop rusak. Dengan begitu, tidak ada masalah pada charger dan charger selalu dalam kondisi baik saat digunakan.