Overheating? 6 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Panas

Posted on

Laptop yang cepat panas menjadi masalah bagi beberapa pengguna. Bahkan, tak jarang laptop bisa mengalami overheat. Alhasil, laptop lemot dan kinerjanya tidak maksimal.

Suhu panas pada laptop ini dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti perawatan atau penggunaannya. Jika Anda sebagai pemilik laptop yang menerapkan cara perawatan dan penggunaan yang tepat, laptop tidak akan cepat panas.

laptop cepat panas
Ilustrasi Laptop Cepat Panas, Foto: laptopsgeek.com

6 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Panas

Setidaknya ada 6 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat laptop agar tidak cepat overheating. Mau tahu metode seperti apakah itu? Berikut adalah pemaparan selengkapnya.

1. Hindari Menggunakan Laptop di Atas Alas yang Empuk

Jika Anda sering meletakkan laptop di atas alas yang empuk cobalah untuk tidak melakukannya lagi. Alas yang empuk ini bisa bantal, kasur, sofa, bahkan tak jarang beberapa pengguna memangku laptopnya.

Suhu laptop akan meningkat jika diletakkan di alas yang empuk saat digunakan. Suhu panas yang timbul dapat merusak sistem di perangkat Anda.

Sebaiknya Anda meletakkan laptop di atas meja atau alas dengan bahan kasar. Bisa juga meletakkannya di lantai.

2. Jangan Terlalu Membiarkan Laptop Bekerja Secara Terus Menerus

Laptop cepat panas, juga dapat disebabkan karena penggunaannya yang dilakukan secara terus menerus. Semakin laptop mengalami proses yang intens, maka suhu laptop akan meningkat.

Sebagai contoh, ketika Anda membuka browser dengan video Flash dapat membuat CPU bekerja keras. Sehingga, CPU menjadi semakin panas, dan kecepatan kipas pun meningkat.

Ada baiknya Anda meminimalisir proses yang intens tersebut. Atau, Anda juga bisa menggunakan FlashBlock agar video flash hanya dinyalakan bila diperlukan saja.

3. Hindari Menggunakan LCD yang Terlalu Terang

Saat Anda menggunakan laptop di tempat yang terlalu terang, seringkali akan mengaktifkan cahaya latar dengan kecerahan yang tinggi. Hati-hati, perilaku seperti ini dapat membuat suhu laptop meningkat.

Tidak hanya membuat laptop cepat panas saja, baterai laptop Anda pun akan cepat habis. Pasalnya, LCD yang terlalu terang akan menggunakan daya baterai yang lebih besar. Maka dari itulah, ada baiknya Anda untuk tidak menggunakan brightness yang terlalu tinggi. 

4. Menggunakan Pendingin Laptop

Agar laptop tidak cepat panas, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti pendingin laptop. Alat ini seperti tatakan, di bagian tengahnya terdapat kipas kecil.

Bahkan, ada pula pendingin laptop dengan mesin yang dapat ditancapkan ke ventilasi di bagian samping. Alat ini sangat membantu untuk menurunkan suhu CPU, meskipun laptop digunakan secara intens.

5. Angkat Bagian Belakang Laptop Ketika Menggunakannya

Overheating juga bisa disebabkan karena aliran udara yang masuk ke bawah laptop kurang. Agar hal ini tidak terjadi, Anda bisa menggunakan laptop di alas yang keras atau mengangkat bagian belakangnya.

Jadi, bagian belakang laptop sedikit ditinggikan. Anda cukup meletakkan buku atau benda lainnya di satu sisi, tepat di bawah engsel pembuka. Dengan begitu, sistem pendingin laptop dapat bekerja dengan lancar.

6. Jangan Menggunakan Laptop di Tempat yang Panas

Hindari menggunakan laptop tepat di paparan sinar matahari secara langsung. Tempat dengan suhu tinggi, juga dapat mempengaruhi suhu laptop yang cepat panas.

Terutama di bagian hard drive dan baterainya. Ada baiknya Anda menggunakan laptop di tempat teduh atau di dalam ruangan.

Itulah tadi, 6 cara merawat laptop yang bisa Anda lakukan. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, laptop Anda tidak akan cepat panas. Selain itu kinerja laptop juga tetap maksimal tanpa adanya gangguan karena terlalu panas.