Gunakan 6 Cara Merawat Laptop Ini Agar Tidak Terkena Virus!

Posted on

Seperti halnya manusia, laptop juga bisa terkena virus. Serangan virus tersebut dapat mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri.

Misalnya saja, kinerja laptop semakin lambat atau lemot, anti virus yang mendadak mati, terdapat program yang tidak biasa, dan banyak muncul iklan-iklan yang mengganggu. Bahkan, tak jarang keberadaan virus dapat menyebabkan file hilang dan rusak.

laptop terkena virus
Ilustrasi Laptop Terkena Virus, Foto: earthgirlllc.com

6 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Terkena Virus

Cara merawat laptop yang tepat dan dilakukan secara rutin dapat mencegah terinfeksinya virus. Caranya cukup sederhana dan mudah, mau tahu apa sajakah itu? Berikut ini adalah penjelasannya!

1. Jangan Asal Mendownload Dokumen, Gambar, atau File Lainnya

Seringkali beberapa pengguna mengunduh dokumen, gambar atau file lainnya tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Padahal, hal ini sangat berbahaya karena dapat membawa virus yang mungkin menginfeksi laptop Anda.

Biasakan untuk mengunduh file dari sumber yang terpercaya. Misalnya saja, jika Anda ingin mengunduh game atau aplikasi, ada baiknya melalui situs resminya.

Atau, Anda bisa mengunjungi situs-situs web yang memiliki reputasi baik. Sehingga, aman dan file terbebas dari virus.

2. Hati-Hati dalam Menggunakan Flashdisk

Hati-hati saat mencolokkan flashdisk ke laptop Anda, karena bisa jadi flashdisk tersebut adalah sarang virus. Tidak hanya file yang berpindah ke laptop Anda, tapi juga dengan virusnya.

Virus tersebut dapat menyebar ke laptop Anda, sehingga virus dapat merusak file-file penting. Ada kemungkinan flashdisk tersebut tidak hanya digunakan ke laptop Anda saja, melainkan laptop lainnya, dari situlah virus berasal.

3. Mengkompresi File Penting ke dalam Bentuk RAR atau ZIP

Salah satu perawatan yang jarang dilakukan oleh sebagian pengguna adalah mengkompresi file penting ke dalam bentuk RAR atau ZIP. Padahal cara ini dapat mencegah laptop terkena virus.

Bila Anda mempunyai file-file penting dalam bentuk MS Word, PowerPoint, Excel atau yang lainnya ada baiknya ubah format menjadi file RAR atau ZIP. Jika laptop sudah terlanjur terinfeksi virus, setidaknya file-file tersebut aman dan penyebarannya semakin kecil.

4. Menonaktifkan Autorun

Laptop memiliki satu fitur penting bernama Autorun. Fitur ini berfungsi untuk menjalankan program baik secara otomatis.

Sehingga sangat membantu penggunanya. Namun, sayangnya beberapa kasus ada baiknya fitur ini dinonaktifkan.

Karena dapat menjalankan file virus, terutama dengan ekstensi Exe. Bahkan hal tersebut dapat terjadi tanpa sepengetahuan penggunanya. Dengan menonaktifkan fitur Autorun ini dapat mengantisipasi file maupun program yang berisi virus tidak bisa berjalan secara otomatis.

5. Menggunakan AdwCleaner sebagai Pembersih Virus

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi pembersih virus, dari yang gratis hingga berbayar. Jika laptop terkena virus, bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengatasinya.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni AdwCleaner. Aplikasi tersebut dapat berfungsi untuk membersihkan virus jahat seperti malware. Anda bisa langsung mengunduhnya melalui situs resminya dan menginstalnya.

6. Update Antivirus Secara Rutin dan Berkala

Ada baiknya Anda memasang anti virus ke laptop. Saat ini sudah banyak anti virus yang bisa Anda gunakan, salah satunya seperti SMADAV. Hal tersebut akan menjaga laptop Anda tetap aman dari serangan virus.

Jika sudah menggunakan anti virus jangan lupa untuk selalu memperbaruinya secara rutin dan berkala. Sehingga, anti virus Anda tetap dapat berjalan dengan baik.

Itulah tadi 5 cara merawat laptop yang bisa Anda terapkan dengan sangat mudah. Dengan perawatan yang tepat, laptop Anda tidak akan terkena virus.